Rabu, 20 Februari 2013

Prospek Usaha Industri Game di Indonesia



Game merupakan salah satu hiburan yang cukup fenomenal dan banyak di mainkan oleh semua orang, baik anak kecil, remaja hingga dewasa. Game dikenal karena mampu mengurangi rasa stress akibat setelah seharian bekerja maupun tugas yang menumpuk. Selain itu, game juga dikenal mampu meningkatkan koordinasi mata dan tangan kita. Dalam hal sosial, anak-anak pemalu bahkan akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain ketika bermain sebuah video game.

Dengan bermain game online, mereka dapat berinteraksi dengan banyak orang, bahkan dengan orang yang tidak mereka kenal. Dan efek positif yang paling besar dari bermain game adalah membuat orang senang. Namun, sangat penting untuk membatasi bermain game, karena ada kemungkinan bahwa alat ini dapat membuat kecanduan.
Di Indonesia sendiri, sebenarnya kita memiliki potensi untuk memasuki industry game. Namun untuk saat ini, game Indonesia masih berada di tahap awal.  Meski masih di tahap awal, tapi momentum yang ada saat ini dengan banyaknya studio game lokal dapat mendorong para developer Indonesia. Ditambah lagi dengan munculnya beragam jenis gadget akhir-akhir ini semakin mendorong perkembangan industry game di Indonesia. Sebab game sudah menjadi bagian dari aplikasi unggulan yang ditawarkan para produsen untuk menarik konsumen. Bahkan tidak hanya itu saja, untuk memenuhi kebutuhan para pecinta game, para produsen menyajikan beberapa game terbaru dalam paket produknya. Peluang seperti ini yang kemudia dimanfaatkan penyedia jasa pembuatan game Indonesia untuk mendatangkan keuntungan yang maksimal dari bisnis game yang prospek pasarnya kian berkibar.
Menurut data yang diperoleh dari Internasional Game Development Association (IGDA) Indonesia, sekarang ini sedikitnya ada sekitar 60 sampai 70 studio pembuatan game yang mula eksis di pasaran. Belum termasuk para pengembang game skala kecil, yang kira-kira berjumlah ratusan. Kondisi ini menjadi bukti bahwa industry game di Indonesia mengalami peningkatan hingga 100% disbanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk harga jual konten game tentu berbeda-beda mulai dari US$ 500 sampai US$ 10.000 tergantung kesulitan dan variasi tantangan. Para produsen mendapatkan keuntungan sekitar 30% hingga 50% . 
Jadi banyak kesempatan untuk kita sukses dengan terjun ke dunia game salah satunya. Namun untuk memperoleh hasil seperti itu dibutuhkan kerja keras dan berdoa pastinya.

Tidak ada komentar: